Friday 5 July 2013

Pro dan Kontra Teknologi dalam Pembelajaran

DEBAT TENTANG KERUGIAN DAN KEUNTUNGAN TEKNOLOGY

Pada awal-awal pertemuan perkuliahan dosen kami meminta mahasiswa untuk membuat kelompok antara pro dan kontra dalam penggunaan teknologi dalam pembelajaran disekolah. Berikut ini alasan yang pro dan kontra tentang penggunaan teknologi disekolah diantaranya: 
Keuntungan:
1.  Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
2. Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
3. Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
4.  Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.

Kerugian :
1.   Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudahterjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
2.   Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah system tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
3.   Salah satu dampak negatif televisi adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (short span of attention).
4. Membutuhkan banyak waktu untuk mempersiapkan teknologi dalam pembelajaran, jika yang menggunakan belum terbiasa.

No comments:

Post a Comment