Friday 7 June 2013

TATA CARA PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN


Saat mata kuliah Instructional technology dosen kami bapak Wahyu Pujiyono memberikan referensi banyak tentang tata cara pembuatan media pembelajaran. Hal tersebut sangat membantu kami dalam membuat media pembelajaran, karena dari sana kita bisa mempelajari tata cara pembuatan media pembelajaran yang sangat bagus. seperti saat membuat media kita harus mengetahui audiensi terlebih dahulu, apakah mereka belajar dengan audio, visual, audio visual. setelah kita mengetahui cara belajar audiensi baru kita bisa membuat materi yang bisa memudahkan mereka dalam memahami materi pelajaran. saat membuat materi pembelajaran hendaknya menambah kejelasan materi, menujukan pion yang penting dalam materi, meningkatkan minat belajar siswa, dan sebagainya.

Memilih media pembelajaran sebaiknya:
  1. Saat menggunakan media visual hendaknya, gambarnya mudah dipahami, ukurannya cukup besar, jelas dan konsisten, sehingga dapat dipahami siswa dengan mudah.
  2. Jika menggunakan teks hendaknya setiap satu baris terdiri dari 6-7 kata, dan 6 baris saja dalam satu halaman, jangan menggunakan huruf kapital semua.
  3. Pemilihan warna haruslah dengan tepat, contoh : YellowBrownGreenBlueRedWhite tidak seperti GreenGreenGreenGreenGreenGreen.
  4. Jika menggunakan grafik hendaknya memberikan data yang nyata, membuat data lebih menarik, tampilkan tren, pola, dan hubungan.
Tidak hanya itu beliau juga memberika link-link tentang media pembeljaran seperti: http://paud.unnes.ac.id/v3/download/BUKU%20AJAR_MEDIA%20PEMBELAJARAN.pdf 

No comments:

Post a Comment