PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA
DINAS PENDIDIKAN
SMA MUHAMMADIYAH IMOGIRI YOGYAKARTA
Jl Kerten, Imogiri, Bantul Telp. (0274) 6994057
telepon lainnya: (0274) 367575 DI Yogyakarta 55782.
telepon lainnya: (0274) 367575 DI Yogyakarta 55782.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama
Sekolah
|
:
SMA Muhammadiyah Imogori Yogyakarta
|
Mata
Pelajaran
|
:
Bahasa Inggris
|
Kelas/
Program
|
:
X
|
Semester
|
:
1
|
Jumlah
Pertemuan
|
:
1 X pertemuan
|
Standar
kompetensi
:
|
Mendengarkan
1.
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
Berbicara
3. Mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan
seharihari.
|
|||||||||
Kompetensi dasar :
|
1.1 Merespon makna yang terdapat dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan
sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/berpisah,
menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatal-kan janji
3.1 Mengung-kapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal ( bersosiali-sasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar
dan berterima dengan mengguna-kan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks
kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/
berpisah, menyetujui ajakan/ tawaran/ undangan, menerima janji, dan
membatalkan janji
|
|||||||||
Indikator :
|
·
Merespon
dengan benar terhadap tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
·
Melakukan
berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal / transaksional: berkenalan,
bertemu dan berpisah.
|
|||||||||
A.
|
Tujuan
Pembelajaran :
|
Siswa
mampu:
·
Mampu
mengungkapakan percakapan (invitation and declining invitation).
·
Mampu merespon
percakapan (invitation and declining invitation).
|
||||||||
B.
|
Materi
Ajar :
|
Expression
of invitation
Expression
of declining invitation
|
||||||||
C.
|
Metode
Pembelajaran :
|
Three phase
Technique
Discussion
|
||||||||
D.
|
Sumber
dan
Media
Pembelajaran :
|
Buku
referensi:
·
Artikel terkait tentang media ajar
pendukung bersumber dari website dan internet.
|
||||||||
E.
|
Alokasi
Waktu :
|
2 X
45 menit
|
||||||||
F.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
|||||||||
|
|
|||||||||
|
|
|||||||||
|
Tujuan
Pembelajaran :
|
·
Mampu
mengungkapakan percakapan (invetation) secara lancar.
·
Mampu merespon
percakapan (invetation) secara akurat dan lancar.
|
||||||||
|
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu
(menit)
|
Pendikar
|
||||||
|
1
|
Pendahuluan
|
-
Greeting
-
Berdo’a
-
Memeriksa kehadiran siswa
-
Guru menanyakan tentang
keadaan/kabar siswa
|
2
3
2
|
Rasa ingin tahu
Demokratis
|
|||||
|
2
|
Kegiatan
Inti
|
Eksplorasi
-
Guru menanyakan apakah mereka pernah
membuat acara kumpul teman.
-
Guru menanyakan tentang cara
mengundang/mengajak teman.
-
Guru member
tahu bahwa mereka akan belajar tentang cara mengundang dan menolak undangan.
Elaborasi
-
Guru menampilkan
power point ekspressi of invitaion
di proyektor.
-
Guru membaca ekpressi siswa diminta
untuk menirukan.
-
Guru menanyakan kepada siswa apakah
ada kesulitan dalam pengucapannya.
-
Guru memberikan contoh dialog cara
mengundang teman.
-
Guru meminta siswa bekerja
berpasangan.
-
Guru meminta siswa untuk membuat
percakapan tentang invetation.
-
Guru meminta
siswa maju kedepan membaca percakapan yang telah mereka buat.
-
Guru membagikan
form penilaian tentang siswa yang maju perform kepada siswa.
-
Guru meminta siswa yang lain
menilai/mengisi form penilaian
performance teman mereka yang maju didepan.
-
Guru meminta siswa memberikan saran
kepada siswa yang maju.
-
Guru memberikan
masukan kepada siswa yang maju.
Konfirmasi
-
Guru memberi penilaian tentang
keseluruhan siswa yang maju kedepan, dan memberikan saran.
-
Memberi kesempatan kepada siswa
untuk bertanya.
-
Guru memberi
penjelasan jika ada siswa yang bertanya.
|
3
2
2
4
10
4
5
2
10
15
2
2
2
2
5
4
5
|
Tanggung jawab
Komunikatif
Bersahabat
Rasa ingin tahu
Demokratis
Mandiri
Percaya diri
Komunikatif
|
|||||
|
3
|
Penutup
|
-
Guru menanyakan
kepada siswa tentang pembelajaran hari ini.
-
Guru menutup pertemuan.
|
2
|
|
|||||
F.
|
Penilaian
:
|
No
|
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Soal
|
|
jumlah
|
nomor
|
||||
1
|
Mampu mengungkapkan ekspresi invetation
|
Observasi
|
Lembar
pengamatan
|
|
|
2
|
Mampu menjawab ungkapan invetation
|
Observasi
|
Lembar
pengamatan
|
|
|
3
|
Mampu membuat ekspresi invetation
|
Observasi
|
Lembar
pengamatan
|
|
|
|
·
Instrumen Soal, Kunci/Penyelesaian
dan Pedoman Penilaian (terlampir)
|
Yogyakarta,
……………2013
Mengetahui, Mahasiswa
PPL,
Guru Mata
Pelajaran ,
Bachid Ahmadi, S. Pd. Muh.
Elyas
NBM.
1202662086013 NIM
10004201
Instrumen Soal
Expression Inviting,
Accepting and Refusing Invitation
A. Expression of inviting
·
Offering invitation
·
Would you like to…?
·
I would like you to come…
·
I would like to ask you…
·
How about…?
·
May I get/ offer you…?
·
Can I ...?
·
Shall I ...
·
Let me...
·
Do you need ... ?
B. Accepting invitation
·
Thank you very much. That would be
very nice.
·
Thank you. I’d be glad to you
·
Yes, thank you. I’d be happy to go…
·
Thank you so much for inviting me…
·
Let’s meet at…
·
Yes, I’d love to.
·
Sure.
·
Thank you. I’d like to.
·
I would, very much.
·
That would be very nice.
·
With pleasure.
C. Refusing invitation
·
Thank you very much, but …
·
I’m not sure I can.
·
I’d like to, but …
·
That’s very kind of you, but …
Example Conversation
of Invitation
Conversation
1
You : Would you like to join us in my
birthday party tonight?
Friends
: Sure. Thank you very much for inviting me.
You : Ok. See you at 's house tonight at 8
pm.
Friends:
See you.
Conversation
2
You : I would like you come to my house tomorrow?
Friend
: I'm not sure I can.
You : How come?
Friend
: I have to study for an exam tomorrow.
You : Well. In that case, I will have to let
you go.
Friend
: Sorry. Maybe next time.
Conversation
3
You : Do you want to join the party tonight?
Friend
: I wish I could but I have to visit my grandmother.
You : That's alright.
Conversation
4
Farah : Hi, Tina. Long time not see you. Where have
you been for long time?
Tina : Hi Farah. I’ve just finished my study
in Solo. How are you?
Farah : I’m
fine. You can see by yourself, I’m very healthy at this time. Oh, sorry, I’m in
hurry now. I can’t talk with you more because
I have to go to my house.
Tina : It’s okay. We can make another meeting
to speak a lot, Farah.
Farah : Oh,
How about have a dinner in my house tonight?
Tina : Sure. I’d be happy to come to your
house, Farah.
Farah : Okay. I’ll wait you at 08:00 p.m. See you,
Tina.
Tina : See you.
Form penilaian :
Assessment form
Please give (√) for assessing your friends.
Name:
No
|
Aspects
|
Excellent
|
Very good
|
Good
|
Poor
|
1.
|
Pronunciation
|
|
|
|
|
2.
|
Fluency
|
|
|
|
|
3.
|
Content
|
|
|
|
|
4.
|
Expression
|
|
|
|
|
Overall
and Comment
|
|
||||
Total
|
|
Pedoman Penilaian :
Aspect
|
Excellent (100)
|
Very good (80)
|
Good (70)
|
Average (65)
|
Poor (50)
|
Pronunciation
|
25
|
20
|
15
|
13
|
5
|
Fluency
|
25
|
20
|
15
|
12
|
5
|
Content
|
30
|
25
|
20
|
15
|
10
|
Expresion
|
20
|
15
|
15
|
10
|
5
|
Total
|
|
|
|
|
|
Jumlah nilai:
Jumlah nilai apabila masing-masing mendapat skor maksimal
maka keseluruhan 25 + 25 + 30 + 20
=100
No comments:
Post a Comment