PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA
DINAS PENDIDIKAN
SMA MUHAMMADIYAH IMOGIRI YOGYAKARTA
Jl Kerten, Imogiri, Bantul Telp. (0274) 6994057
telepon lainnya: (0274) 367575 DI Yogyakarta 55782.
telepon lainnya: (0274) 367575 DI Yogyakarta 55782.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(R
P P)
Nama Sekolah
|
: SMA Muhammadiyah Imogiri
|
Mata Pelajaran
|
: Bahasa Inggris
|
Kelas/ Program
|
: X
|
Semester
|
: 1
|
Jumlah Pertemuan
|
: 1 X Pertemuan
|
Standar kompetensi :
|
Membaca
5 Memahami makna teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana
berbentuk recount, narrative dan
procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu
pengetahuan
Menulis
5.1 Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek
(misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi secara
akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk
mengakses ilmu pengetahuan
|
||||||||||
Kompetensi dasar :
|
2.2 Merespon
makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
dalam teks: recount, narrative, dan procedure
6.2 Mengung-kapkan makna dan
langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dengan
menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks
berbentuk: recount, narrative, dan procedure
|
||||||||||
Indikator :
|
· Membaca nyaring bermakna wacana ragam tulis yang
dibahas dengan ucapan dan intonasi yang benar
· Mengidentifikasi topik dari teks yangdibaca
· Menggunakan tata bahasa, kosa kata, tanda baca,
ejaan, dan tata tulis dengan akurat
· Menulis gagasan utama
· Mengelaborasi gagasan utama
|
||||||||||
A.
|
Tujuan Pembelajaran :
|
Siswa mampu:
• Siswa dapat mengidentifikasi kejadian dalam
teks yang dibaca.
• Siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah
retorika dari teks.
|
|||||||||
B.
|
Materi Ajar :
|
·
Recount
text
|
|||||||||
C.
|
Metode Pembelajaran :
|
• Collaborative
|
|||||||||
D.
|
Sumber dan
Media Pembelajaran :
|
Buku referensi:
·
Lanny
Kurniawan; Siti Nuryuni Artiningsih – Quadra – English Today 2
·
Look
a head
·
Artikel
terkait tentang media ajar pendukung bersumber dari website dan internet.
|
|||||||||
E.
|
Alokasi Waktu :
|
2 X 45 menit
|
|||||||||
F.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||||||||||
|
|
||||||||||
|
|
||||||||||
|
Tujuan Pembelajaran :
|
• Siswa dapat mengidentifikasi kejadian dalam
teks yang dibaca.
• Siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah
retorika dari teks.
|
|||||||||
|
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu (menit)
|
Pendikar
|
|||||||
|
1
|
Pendahuluan
|
-
Greeting
-
Berdo’a
-
Memeriksa kehadiran siswa
-
Guru menayakan kabar siswa
|
2
1
2
2
|
Rasa ingin tahu
Demokratis
|
||||||
|
2
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
-
Guru menanyakan tentang hal yang terjadi pada mereka
kemarin.
-
Guru meminta beberapa siswa untuk bercerita hal yang terjadi
pada mereka kemarin.
-
- Memberitahu kepada siswa
bahwa mereka akan belajar membuat recount text.
Elaborasi
-
Guru memberikan stimulus berupa pemberian materi tentang recount
teks.
-
Guru mendiskusikan materi bersama siswa.
-
Guru memberikan contoh cerita recount text.
-
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik membaca recount teks
secara lisan.
-
Siswa diminta membahas struktur yang terdapat dalam teks.
-
Guru membimbing siswa untuk mengidentifikasi stuktur terdapat dalam
teks.
-
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
-
Guru memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas
mengerjakan latihan soal.
Konfirmasi
-
Memberikan umpan balik pada siswa dengan memberi
penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan
tugasnya.
-
Guru dan siswa membahas hasil pekerjaan yang
sudah di kerjakan oleh siswa.
-
Memberikan refleksi untuk memperoleh pengalaman
belajar yang sudah di lakukan.
|
2
3
2
5
20
2
8
8
5
4
10
3
5
3
|
Komunikatif
Keberanian
Percaya diri
Kerja keras
Mandiri
Percaya diri
Jujur
|
||||||
|
3
|
Penutup
|
-
Menutup pertemuan.
|
2
|
Komunikatif
|
||||||
F.
|
|||||||
No
|
Indikator Pencapaian
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Soal
|
|||
jumlah
|
nomor
|
||||||
1
|
Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang
dibaca.
|
Tes lisan
|
Lembar
pengamatan
|
|
|
||
2
|
Mengidentifikasi
langkah-langkah retorika dari teks.
|
Tes
|
Soal
|
|
|
||
|
·
Instrumen Soal, Kunci/Penyelesaian dan Pedoman
Penilaian (terlampir)
|
Yogyakarta,……………2013
Mengetahui, Mahasiswa
PPL,
Guru Mata
Pelajaran ,
Bachid Ahmadi, S. Pd. Muh.
Elyas
NBM.
1202662086013 NIM
10004201
Recount text
A. Pengertian Recount Text
Recount Text adalah salah satu dari jenis teks bahasa
Inggris yang menceritakan kembali kejadian-kejadian atau pengalaman-pengalaman
di masa lampau. Tujuan dari Recount Text adalah untuk memberikan informasi atau
untuk menghibur pembaca. Di dalam Recount Text tidak terdapat komplikasi
(Complication) seperti halnya di Narrative Text.
B. Generic Structure dari Recount Text
·
Orientation tells who was involved, what happened, where the events
took place, and when it happened. ("Orientation" menceritakan siapa
saja yang terlibat dalam cerita, apa yang terjadi, di mana tempat peristiwa
terjadi, dan kapan terjadi peristiwanya)
·
Events tell what happened and in what sequence.
("Event" menceritakan apa yang terjadi (lagi) dan menceritakan urutan
ceritanya)
·
Reorientation consists of optional-closure of events/ending.
("Reorientation" berisi penutup cerita / akhir cerita)
C.
Ciri Kebahasaan Recount Text
Terdapat
beberapa ciri-ciri kebahasaan yang mungkin akan teman-teman temukan ketika
membaca sebuah Recount Text. Ciri-ciri kebahasaan dari Recount Text tersebut
adalah:
·
Menggunakan Past Tense. Misalkan we
went to zoo, I was happy, etc.
·
Menggunakan Conjunction dan Time
Connectives untuk mengurutkan peristiwa atau kejadian. Misalnya and, but, the,
aftar that, etc.
·
Menggunakan Adverbs dan Adverbial
Phrase untuk mengungkapkan tempat, waktu dan cara. Misalkan yesterday, at my
house, slowly, etc.
·
Menggunakan Action Verbs. Misalkan
went, slept, run, brought, etc.
Example:
My Day
I had a
terrible day yesterday. First, I woke up an hour late because my alarm clock
didn’t go off. Then, I was in such a hurry that I burned my hand when I was
making breakfast. After breakfast, I got
dressed so quickly that I forgot to wear socks.
Next, I ran
out of the house trying to get the 9:30 bus, but of course I missed it. I
wanted to take a taxi, but I didn’t have enough money.
Finally, I
walked the three miles to my school only to discover that it was Sunday! I hope
I never have a day as the one I had yesterday.
Exercise
1
Fine in the
blanks with the correct verb forms in the text box. And then change the verb in
to past form!
go attend take win accompany
spend listen write went cook
|
1. Fredy . . . . . . . to Samarinda last
year.
2. Asep . . . . . . . his brother to the
airport yesterday.
3. Tantri . . . . . . . much money in his
holiday last month.
4. Sanusi . . . . . . . me to go to the
travel agent three days ago.
5. Last holiday, Laila . . . . . . . an
English course.
6. Two days ago, Elizabeth . . . . . . . the
free ticket to Hawaii.
7. She . . . . . . . a letter yesterday.
8. My mother . . . . . . .
fried rice yesterday ago.
9. Andy . . . . . . . the radio last
night.
No comments:
Post a Comment