PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA
DINAS PENDIDIKAN
SMA MUHAMMADIYAH IMOGIRI YOGYAKARTA
Jl Kerten, Imogiri, Bantul Telp. (0274) 6994057
telepon lainnya: (0274) 367575 DI Yogyakarta 55782.
telepon lainnya: (0274) 367575 DI Yogyakarta 55782.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(R
P P)
Nama Sekolah
|
: SMA Muhammadiyah Imogiri
|
Mata Pelajaran
|
: Bahasa Inggris
|
Kelas/ Program
|
: X
|
Program Layanan
|
: CI
|
Semester
|
: 1
|
Jumlah Pertemuan
|
: 1 X Pertemuan
|
Standar kompetensi :
|
Membaca
5 Memahami makna teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana
berbentuk recount, narrative dan
procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu
pengetahuan
Menulis
5.1 Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek
(misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi secara
akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk
mengakses ilmu pengetahuan
|
||||||||||
Kompetensi dasar :
|
2.2 Merespon
makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
dalam teks: recount, narrative, dan procedure
6.2 Mengung-kapkan makna dan
langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dengan
menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks
berbentuk: recount, narrative, dan procedure
|
||||||||||
Indikator :
|
·
Menjawab
pertanyaan teks monolog sederhana
berbentuk procedure
·
Melakukan
teks monolog lisan berbentuk procedure.
·
Mempresentasikan
teks monolog lisan berbentuk procedure
·
Mengidentifikasi
makna dalam teks procedure
·
Mengidentifikasi
langkah-langkah retorika dalam teks procedure
·
Membaca
nyaring teks procedure
·
Menulis
teks berbentuk procedure.
|
||||||||||
A.
|
Tujuan Pembelajaran :
|
Siswa mampu:
·
Siswa
mampu melakukan tindakan berdasarkan teks procedure yang mereka dengar.
·
Siswa
dapat membuat teks procedure.
|
|||||||||
B.
|
Materi Ajar :
|
·
Procedure
Text
|
|||||||||
C.
|
Metode Pembelajaran :
|
• Bermain peran secara berkelompok
|
|||||||||
D.
|
Sumber dan
Media Pembelajaran :
|
Buku referensi:
·
Lanny
Kurniawan; Siti Nuryuni Artiningsih – Quadra – English Today 2
·
Look
a head
·
Artikel
terkait tentang media ajar pendukung bersumber dari website dan internet.
|
|||||||||
E.
|
Alokasi Waktu :
|
2 X 45 menit
|
|||||||||
F.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||||||||||
|
|
||||||||||
|
|
||||||||||
|
Tujuan Pembelajaran :
|
·
Siswa
mampu melakukan tindakan berdasarkan teks procedure yang mereka dengar.
·
Siswa
dapat membuat teks procedure
|
|||||||||
|
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu (menit)
|
Pendikar
|
|||||||
|
1
|
Pendahuluan
|
-
Greeting
-
Berdo’a
-
Memeriksa kehadiran siswa
-
Guru menayakan kabar siswa
|
2
1
2
2
|
Rasa ingin tahu
Demokratis
|
||||||
|
2
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
-
Guru menanyakan tentang makanan / minuman yang mereka
sukai.
-
Guru menanyakan kepada siswa tentang cara membuat makanan / minuman.
-
- Memberitahu kepada siswa
bahwa mereka akan belajar membuat teks procedure.
Elaborasi
-
Guru menampilkan step-step cara membuat teks procedure
dan contoh teks procedure di laptop.
-
Guru menjelaskan bagaimana cara membuat teks procedure.
-
Guru member contoh teks procedure dan siswa diminta
untuk membaca.
-
Guru meminta siswa untuk bekerja berkelompok.
-
Guru memberikan waktu untuk siswa untuk bekerja
kelompok untuk membuat teks procedure cara membuat makanan/minuman yang mereka
sukai.
-
Guru meminta siswa untuk maju kedepan kelas untuk membacakan
teks procedure yang mereka buat.
Konfirmasi
-
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
memberikan masukan terhadap temannya.
-
Guru memberi masukan pada performans dari siswa yang
maju.
|
5
3
2
2
15
8
2
20
15
3
3
|
Komunikatif
Keberanian
Percaya diri
Kerja keras
Mandiri
Percaya diri
Jujur
|
||||||
|
3
|
Penutup
|
-
Guru menyampaikan performans siswa yang terbaik.
-
Menutup pertemuan.
|
5
|
Komunikatif
|
||||||
F.
|
|||||||
No
|
Indikator Pencapaian
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Soal
|
|||
jumlah
|
nomor
|
||||||
1
|
Siswa mampu melakukan tindakan berdasarkan teks
procedure yang mereka dengar.
|
Tes
|
Lembar
pengamatan
|
|
|
||
2
|
Siswa dapat membuat teks procedure.
|
Tes
|
Soal
|
|
|
||
|
·
Instrumen Soal, Kunci/Penyelesaian dan Pedoman
Penilaian (terlampir)
|
Yogyakarta,……………2013
Mengetahui, Mahasiswa
PPL,
Guru Mata
Pelajaran ,
Bachid Ahmadi, S. Pd. Muh.
Elyas
NBM.
1202662086013 NIM
10004201
PROCEDURE TEXT
PENGERTIAN PROCEDURE TEXT
Ada tiga definisi
"umum" mengenai procedure text : (1)Texts that explain how something
works or how to use instruction / operation manuals e.g. how to use the video,
the computer, the tape recorder, the photocopier, the fax. (2) Texts that
instruct how to do a particular activity e.g. recipes, rules for games, science
experiments, road safety rules. (3) Texts that deal with human behaviour eg how
to live happily, how to succeed.
GENERIC STRUCTURE OF PROCEDURE
TEXT
Seperti halnya pengertian
procedure text di atas, generic structure (susunan umum) procedure text juga
ada tiga :
(1) Goal (Maksud atau tujuan)
(2) Material Needed (Materi /
alat / bahan yang dibutuhkan)
(3) Methods or Steps (Metode /
langkah-langkah)
CONTOH PROCEDURE TEXT
Procedure Text : How to make
a cup of coffee
Material and Ingredients:
- 2 spoons of sugar
- a cup
- hot water
- one spoon of coffee powder
- a spoon
Procedure:
- first you must prepare two spoons of sugar, a cup, hot water, one spoon of coffee powder, a spoon.
- then put one spoon of coffee powder into the cup
- Then pour some hot water into the cup
- Next add 2 spoons of sugar into a cup of coffee
- Finally stir it well and the hot coffee is ready to drink.
- first you must prepare two spoons of sugar, a cup, hot water, one spoon of coffee powder, a spoon.
- then put one spoon of coffee powder into the cup
- Then pour some hot water into the cup
- Next add 2 spoons of sugar into a cup of coffee
- Finally stir it well and the hot coffee is ready to drink.
How to Make Omelet
Ingredients:
2 Eggs
Salt
Margarine or vegetable oil
Tools:
Spoon, Stove, Frying pan, Plate.
STEPS:
1. Whipped eggs and add little salt.
2. Turn on the stove and put frying pan.
3. Add margarine on plate, wait until it melted.
4. Pour a whisk of eggs to frying pan.
5. Averaging until the eggs meet the pan.
6. Feedback the eggs, wait until the eggs mature.
7. Move into a Plate.
8. You can add some vegetable (if you like :))
9. Your Omelet is ready to serve!
Sumber Artikel :
http://googel22.blogspot.com/2012/11/procedure-text.html.
HOW TO MAKE MANGO JUICE
Materials Needed :
·
a piece of mango
·
a half glass of water
·
a glass of ice pack
·
a spoon of sugar
Steps :
1.
First, peel the mango and
clean it
2.
Next, cut the mango into
pieces and put them into the juicer
3.
Then, put the water, ice
and sugar
4.
After that turn on the
juice and wait about 15 seconds
5.
Finally, pour the mango
juice into the glass and ready to drink
No comments:
Post a Comment