PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA
DINAS PENDIDIKAN 
SMA MUHAMMADIYAH IMOGIRI YOGYAKARTA
Jl Kerten, Imogiri, Bantul Telp. (0274) 6994057
telepon lainnya: (0274) 367575 DI Yogyakarta 55782.
telepon lainnya: (0274) 367575 DI Yogyakarta 55782.
| 
     | 
   
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R  P  P )
| 
   
Nama
  Sekolah 
 | 
  
   
:
  SMA Muhammadiyah Imogori Yogyakarta 
 | 
 
| 
   
Mata
  Pelajaran 
 | 
  
   
:
  Bahasa Inggris 
 | 
 
| 
   
Kelas/
  Program  
 | 
  
   
:
  X
   
 | 
 
| 
   
Semester 
 | 
  
   
:
  1 
 | 
 
| 
   
Jumlah
  Pertemuan 
 | 
  
   
:
  1 X pertemuan 
 | 
 
| 
   
Standar
  kompetensi
  : 
 | 
  
   
     Mendengarkan 
1.
  Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks
  kehidupan sehari-hari.  
Berbicara 
3.   Mengungkapkan makna dalam
  percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan
  seharihari. 
 | 
 |||||||||
| 
   
Kompetensi dasar     :    
 | 
  
   
1.1     Merespon makna yang terdapat dalam
  percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
  (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan
  sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan
  sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/berpisah,
  menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatal-kan janji  
3.1     Mengung-kapkan
  makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
  interpersonal ( bersosiali-sasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar
  dan berterima dengan mengguna-kan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks
  kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/
  berpisah, menyetujui ajakan/ tawaran/ undangan, menerima janji, dan
  membatalkan janji  
 | 
 |||||||||
| 
   
Indikator                     : 
 | 
  
   
·        
  Merespon
  dengan benar terhadap tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah. 
·        
  Melakukan
  berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal / transaksional: berkenalan,
  bertemu dan berpisah. 
 | 
 |||||||||
| 
   
A. 
 | 
  
   
Tujuan
  Pembelajaran    : 
 | 
  
   
Siswa
  mampu: 
·           
  Mampu
  mengungkapakan percakapan  (invitation and declining invitation). 
·           
  Mampu merespon
  percakapan (invitation and declining invitation). 
 | 
 ||||||||
| 
   
B. 
 | 
  
   
Materi
  Ajar                      : 
 | 
  
   
Expression
  of invitation 
Expression
  of declining invitation 
 | 
 ||||||||
| 
   
C. 
 | 
  
   
Metode
  Pembelajaran  : 
 | 
  
   
Three phase
  Technique 
Discussion 
 | 
 ||||||||
| 
   
D. 
 | 
  
   
Sumber
  dan  
Media
  Pembelajaran     :  
 | 
  
   
Buku
  referensi:  
·        
  Artikel terkait tentang media ajar
  pendukung bersumber dari website dan internet. 
 | 
 ||||||||
| 
   
E. 
 | 
  
   
Alokasi
  Waktu                 : 
 | 
  
   
2 X
  45 menit 
 | 
 ||||||||
| 
   
F. 
 | 
  
   
Kegiatan
  Pembelajaran  
 | 
 |||||||||
| 
   | 
  
   | 
 |||||||||
| 
   | 
  
   | 
 |||||||||
| 
   | 
  
   
Tujuan
  Pembelajaran : 
 | 
  
   
·           
  Mampu
  mengungkapakan percakapan  (invetation) secara lancar. 
·           
  Mampu merespon
  percakapan (invetation) secara akurat dan lancar. 
 | 
 ||||||||
| 
   | 
  
   
No 
 | 
  
   
Kegiatan
  Pembelajaran 
 | 
  
   
Waktu
  (menit) 
 | 
  
   
Pendikar 
 | 
 ||||||
| 
   | 
  
   
1 
 | 
  
   
Pendahuluan     
 | 
  
   
-       
  Greeting  
-       
  Berdo’a 
-       
  Memeriksa kehadiran siswa 
-       
  Guru menanyakan tentang
  keadaan/kabar siswa 
 | 
  
   
2 
3 
2 
 | 
  
   
Rasa ingin tahu 
Demokratis 
 | 
 |||||
| 
   | 
  
   
2 
 | 
  
   
Kegiatan
  Inti    
 | 
  
   
Eksplorasi 
-          
  Guru menanyakan apakah mereka pernah
  membuat acara kumpul teman. 
-          
  Guru menanyakan tentang cara
  mengundang/mengajak teman. 
-          
  Guru member
  tahu bahwa mereka akan belajar tentang cara mengundang dan menolak undangan. 
Elaborasi 
-          
  Guru menampilkan
  power point ekspressi of invitaion
  di proyektor. 
-          
  Guru membaca ekpressi siswa diminta
  untuk menirukan. 
-          
  Guru menanyakan kepada siswa apakah
  ada kesulitan dalam pengucapannya. 
-          
  Guru memberikan contoh dialog cara
  mengundang teman. 
-          
  Guru meminta siswa bekerja
  berpasangan. 
-          
  Guru meminta siswa untuk membuat
  percakapan tentang invetation. 
-          
  Guru meminta
  siswa maju kedepan membaca percakapan yang telah mereka buat. 
-          
  Guru membagikan
  form penilaian tentang siswa yang maju perform kepada siswa. 
-          
  Guru meminta siswa yang lain
  menilai/mengisi form penilaian 
  performance teman mereka yang maju didepan. 
-          
  Guru meminta siswa memberikan saran
  kepada siswa yang maju. 
-          
  Guru memberikan
  masukan kepada siswa yang maju. 
Konfirmasi 
-          
  Guru memberi penilaian tentang
  keseluruhan siswa yang maju kedepan, dan memberikan saran. 
-          
  Memberi kesempatan kepada siswa
  untuk bertanya. 
-          
  Guru memberi
  penjelasan jika ada siswa yang bertanya. 
 | 
  
   
3 
2 
2 
4 
10 
4 
5 
2 
10 
15 
2 
2 
2 
2 
5 
4 
5 
 | 
  
   
Tanggung jawab 
Komunikatif 
Bersahabat 
Rasa ingin tahu 
Demokratis 
Mandiri 
Percaya diri 
Komunikatif 
 | 
 |||||
| 
   | 
  
   
3 
 | 
  
   
Penutup            
 | 
  
   
-          
  Guru menanyakan
  kepada siswa tentang pembelajaran hari ini. 
-          
  Guru menutup pertemuan. 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   | 
 |||||
| 
   
F. 
 | 
  
   
Penilaian
  : 
 | 
 
| 
   
No 
 | 
  
   
Indikator
  Pencapaian 
 | 
  
   
Teknik 
 | 
  
   
Bentuk
  Instrumen 
 | 
  
   
Soal 
 | 
 |
| 
   
jumlah 
 | 
  
   
nomor 
 | 
 ||||
| 
   
1 
 | 
  
   
Mampu mengungkapkan ekspresi invetation 
 | 
  
   
Observasi 
 | 
  
   
Lembar  
pengamatan 
 | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   
Mampu menjawab ungkapan invetation 
 | 
  
   
Observasi 
 | 
  
   
Lembar  
pengamatan 
 | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   
Mampu membuat ekspresi invetation 
 | 
  
   
Observasi 
 | 
  
   
Lembar 
pengamatan 
 | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   | 
  
   
·        
  Instrumen Soal, Kunci/Penyelesaian
  dan Pedoman Penilaian  (terlampir) 
 | 
 
Yogyakarta,
……………2013
Mengetahui,                                                                                                                          Mahasiswa
PPL,                   
Guru Mata
Pelajaran ,                                                                                                            
              Bachid Ahmadi, S. Pd.                                                                                                            Muh.
Elyas
NBM.
1202662086013                                                                                                            NIM
10004201
Instrumen Soal
Expression Inviting,
Accepting and Refusing Invitation
A.    Expression of inviting
·        
Offering invitation
·        
Would you like to…?
·        
I would like you to come…
·        
I would like to ask you…
·        
How about…?
·        
May I get/ offer you…?
·        
Can I ...?
·        
Shall I ...
·        
Let me...
·        
Do you need ... ?
B.     Accepting invitation
·        
Thank you very much. That would be
very nice.
·        
Thank you. I’d be glad to you
·        
Yes, thank you. I’d be happy to go…
·        
Thank you so much for inviting me…
·        
Let’s meet at…
·        
Yes, I’d love to.
·        
Sure.
·        
Thank you. I’d like to.    
·        
I would, very much.    
·        
That would be very nice.
·        
With pleasure.
C.    Refusing invitation
·        
Thank you very much, but …
·        
I’m not sure I can.
·        
I’d like to, but …
·        
That’s very kind of you, but … 
Example Conversation
of Invitation
Conversation
1
You       : Would you like to join us in my
birthday  party tonight?
Friends
: Sure. Thank you very much for inviting me.
You      : Ok. See you at 's house tonight at 8
pm.
Friends:
See you.
Conversation
2
You    : I would like you come to my house tomorrow?
Friend
: I'm not sure I can.
You    : How come?
Friend
: I have to study for an exam tomorrow.
You    : Well. In that case, I will have to let
you go.
Friend
: Sorry. Maybe next time.
Conversation
3
You    : Do you want to join the party tonight? 
Friend
: I wish I could but I have to visit my grandmother. 
You    : That's alright.
Conversation
4
Farah    : Hi, Tina. Long time not see you. Where have
you been for long time?
Tina      : Hi Farah. I’ve just finished my study
in Solo. How are you?
Farah    : I’m
fine. You can see by yourself, I’m very healthy at this time. Oh, sorry, I’m in
 hurry now. I can’t talk with you more because
I have to go to my house.
Tina      : It’s okay. We can make another meeting
to speak a lot, Farah.
Farah    : Oh,
How about have a dinner in my house tonight?
Tina      : Sure. I’d be happy to come to your
house, Farah.
Farah    : Okay. I’ll wait you at 08:00 p.m. See you,
Tina.
Tina      : See you.
Form penilaian :
Assessment form
Please give (√) for assessing your friends.
Name: 
| 
   
No 
 | 
  
   
Aspects 
 | 
  
   
Excellent 
 | 
  
   
Very good 
 | 
  
   
Good 
 | 
  
   
Poor 
 | 
 
| 
   
1. 
 | 
  
   
Pronunciation 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
2. 
 | 
  
   
Fluency 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
3. 
 | 
  
   
Content 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
4. 
 | 
  
   
Expression 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
Overall
  and Comment 
 | 
  
   | 
 ||||
| 
   
Total 
 | 
  
   | 
 ||||
Pedoman  Penilaian :
| 
   
Aspect 
 | 
  
   
Excellent (100) 
 | 
  
   
Very good (80) 
 | 
  
   
Good (70) 
 | 
  
   
Average   (65) 
 | 
  
   
Poor           (50) 
 | 
 
| 
   
Pronunciation 
 | 
  
   
25 
 | 
  
   
      20 
 | 
  
   
15 
 | 
  
   
13 
 | 
  
   
5 
 | 
 
| 
   
Fluency 
 | 
  
   
      25 
 | 
  
   
20 
 | 
  
   
    15 
 | 
  
   
  12 
 | 
  
   
             5 
 | 
 
| 
   
Content 
 | 
  
   
30 
 | 
  
   
25 
 | 
  
   
20 
 | 
  
   
15 
 | 
  
   
10 
 | 
 
| 
   
Expresion 
 | 
  
   
20 
 | 
  
   
15 
 | 
  
   
15 
 | 
  
   
10 
 | 
  
   
5 
 | 
 
| 
   
Total 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
Jumlah nilai:
Jumlah nilai apabila masing-masing mendapat skor maksimal
maka keseluruhan 25 + 25 + 30 + 20 
=100
No comments:
Post a Comment